Kesehatan

Bidang kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dan menjadi hak setiap warga Negara. Olehnya itu, masyarakat berhak untuk mendapat pelayanan kesehatan yang baik dan kualitas serta ditunjang dengan prasarana dan sarana, sumberdaya manusia maupun obat-obatan yang memadai.

Optimalisasi pelayanan kesehatan oleh Pemerintah Kota Ambon (Dinas Kesehatan) dan jejaringnya, sangat mempengaruhi peningkatan derajat kesehatan di masyarakat. Kondisi ini nampak pada beberapa tahun terakhir ternyata kasus-kasus penyakit yang dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) tidak pernah ditemui, kecuali beberapa kasus malaria, diare, gangguan saluran pernapasan berupa Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Kondisi ini terjadi karena masyarakat belum sepenuhnya memahami tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya saat musim hujan berkepanjangan (Timur).

Keberhasilan pelayanan kesehatan di Desa Nania, selain ditunjang dengan kontiniutas pelayanan oleh petugas kesehatan dan jejaringnya yakni Dokter 2 orang, bidan sebanyak  6 orang, tenaga paramedis sebanyak 11 orang, Kesling 1 orang, Gizi 2 orang juga tersedia beberapa fasilitas dan infrastruktur kesehatan seperti 1 unit Puskesmas, 3 Posyandu Balita, 1 Posyandu Lansia dan 2 Puskesdes.

Bagikan Ke Teman :

Copyright © 2019. Pemerintah Desa Nania. Powered by LendCreative