Visi Misi Pembangunan

VISI

Dinamika penyelenggaraan tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat di Desa Nania merupakan komitmen yang terintegrasi dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM-D) Kota Ambon tahun 2011-2016, dengan visinya yakni “Ambon Yang Maju, Mandiri, Religius, Lestari dan Harmonis Berbasis Masyarakat”. Visi Pemerintah Kota Ambon ini, menjadi kekuatan dan harapan untuk dicapai dalam kurun waktu lima tahun sehingga harus menjadi komitmen semua anak bangsa di Desa Nania ini.

Bertolak dari realita dan perkembangan masyarakat, kondisi dan masalah terkini yang berkembang dalam masyarakat Desa Nania, serta tantangan dan harapan yang ingin diwujudkan untuk lima tahun ke depan, maka ditetapkan Visi RPJM-Des Nania tahun 2012-2016, adalah; “TERWUJUDNYA MASYARAKAT SEJAHTERA, SUMBERDAYA MANUSIA BERKUALITAS DAN PELAYANAN PRIMA”.

Dalam konteks  pembangunan masyarakat, maka Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Des) Nania tidak dapat dilepaspisahkan dari visi pembangunan daerah Kota Ambon. Olehnya itu, visi ini dapat memaknai seluruh struktur kehidupan masyarakat Desa Nania yang bertolak dari kondisi saat ini dan harapan ke depan. Atas pertimbangan tersebut, sehingga Visi RPJM Desa Nania memiliki 3 makna penting, yakni;

Sejahtera; pernyataan  ini bermakna agar bagaimana memanfaatkan kekuatan potensi sumberdaya yang unggul di masyarakat baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia sehingga dapat berperan untuk memperbaiki dan meningkatkan  kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Sumberdaya Manusia Berkualitas; pernyataan ini bermakna agar dengan meningkatkan masyarakat yang sehat dan cerdas serta ditunjang dengan keahlian dan keterampilan terciptalah sumberdaya manusia yang berkualitas untuk mengelola sumberdaya alam yang dimiliki, memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan berinteraksi dengan masyarakat.

Pelayanan Yang Prima; pernyataan ini bermakna agar dalam setiap proses pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan jajarannya termasuk lembaga-lembaga organisasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat harus mampu untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan dan bertanggung jawab.

 

MISI

Untuk mewujudkan Visi di atas, maka Misi Desa Nania yang selanjutnya akan dijabarkan ke dalam kebijakan program dan kegiatan, yakni;

  1. Meningkatkan masyarakat Desa Nania yang sejahtera.
  2. Mendorong dan meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia.
  3. Mengoptimalkan pelayanan yang berkualitas, akuntabilitas dan transparan.

Misi adalah upaya yang akan dilakukan untuk mendorong percepatan pencapain harapan atau Visi RPJM Desa Nania. Dalam hubungan dengan itu, misi memiliki variabel-variabel terukur yang selanjutnya dijabarkan dalam arah kebijakan pengalokasian program lima tahunan.

Misi Pertama adalah Meningkatkan Masyarakat Desa Nania Yang Sejahtera dengan variabel-variabel terukur, meliputi;

  1. Menggerakkan kekuatan potensi sumberdaya alam khususnya di sektor usaha perkebunan, pertanian dan perikanan agar lebih maju.
  2. Meningkatkan peran Usaha Kecil dan Mikro sebagai kekuatan ekonomi masyarakat.
  3. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan infrastruktur perdesaan.
  4. Membangun jaringan informasi terhadap akses modal dan pasar untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Mikro (UKM).
  5. Meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan dan jejaringnya

Misi Kedua adalah Mendorong dan Meningkatkan Kapasitas Serta Kualitas Sumberdaya Manusia dengan variabel-variabel terukur, meliputi;

  1. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia.
  2. Mengembangkan dan meningkatan prasarana dan sarana pendidikan khusus pendidikan dasar.
  3. Memfasilitasi dan mendorong semangat gotong royong sebagai kekuatan masyarakat.
  4. Meningkatkan peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan.

Misi Ketiga adalah Mengoptimalkan Pelayanan Yang Berkualitas, Akuntabilitas dan Transparan dengan variabel-variabel terukur, meliputi;

  1. Mengoptimalkan fungsi dan peranan lembaga-lembaga kemasyarakatan maupun lembaga sosial.
  2. Menyusun regulasi (Peraturan Desa).
  3. Melengkapi struktur kelembagaan desa agar lebih berperan dalam tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat.
  4. Melembagakan kekuatan organisasi yang berkembang di masyarakat.

 

ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN

Dengan mempertimbangkan hasil kajian terhadap kondisi dan potensi unggulan Negeri Hunut-Durian Patah, peluang dan tantangan sebagai kekuatan untuk mewujudkan harapan masyarakat dalam kurun waktu enam tahun ke depan, maka arah kebijakan pembangunan Desa Hunuth-Durian Patahakan terfokus pada 4 bidang utama, meliputi

Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa

Arah kebijakan pembangunan bidang pemerintahan ditujukan pada peningkatan peran dan fungsi aparatur pemerintahan desa mulai dari jenjang RT dan RW, peningkatan fungsi dan peran lembaga-lembaga kemasyarakatan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih optimal kepada masyaraka yang akan ditunjang dengan sarana dan prasarana pelayanan, mengembangkan regulasi-regulasi di tingkat desa.

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Arah kebijakan Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa ditujukan pada peningkatan infstruktur pedesaan yang berkualitas untuk memperlancar mobilisasi barang dan jasa yang mendukung perekonomian desa meliputi jalan desa, saluran, perbaikan tembok pantai, sungai dan longsor; pengembangan prasarana dan sarana, perbaikan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan dan jejaringnya, pengembangan jaringan air bersih serta prasarana dan sarana perdesaan lainnya dalam menunjang aktivitas masyarakat untuk mempercepat pertumbuhan usaha ekonomi keluarga.

Bidang Pembinaan Masyarakat

Arah kebijakan Bidang Pembinaan Masyarakat ditujukan pada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan generasi muda dan perempuan dalam mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif dan pembinaan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas lingkungan pemukiman; serta pembinaan mental dan spiritual

Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Arah kebijakan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat ditujukan pada upaya Menggerakkan kekuatan potensi sumberdaya alam khususnya di sektor pariwisaa, pertanian dan perikanana serta peran Usaha Mikro dan Kecil sebagai kekuatan ekonomi masyarakat yang didukung dengan kekuatan jaringan permodalan dan pemasaran yang luas.

Bagikan Ke Teman :

Copyright © 2019. Pemerintah Desa Nania. Powered by LendCreative